BerandaTravelPasar Sukawati: dari Berbelanja Oleh-Oleh hingga Pergi Berwisata

Pasar Sukawati: dari Berbelanja Oleh-Oleh hingga Pergi Berwisata

Jika ditanya pusatnya oleh-oleh Bali, maka Pasar Sukawati adalah tempat yang tepat. Di sini menjadi tempat paling direkomendasikan untuk wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pernak-pernik unik yang cantik, kaos, makanan, dan lukisan pun bisa didapatkan, karenanya paket tour Pulau Dewata selalu ada agenda mengunjungi lokasi ini.

Pesona Unik dari Pasar Seni Sukawati

Harga murah selalu menjadi prioritas ketika mencari oleh-oleh, dan Sukawati ramai, karena terkenal dengan berbagai pilihan barang oleh-oleh yang konon terjangkau. Namun, perlu dipastikan kamu pintar dalam menawar. Sebab, ini pasar tradisional yang penjualnya bebas memberikan harga, dan pembeli diperbolehkan menawar, hingga dapat kesepakatan harga.

Belanja Oleh-Oleh Khas Bali

Memasuki pasar tradisional Sukawati, kamu akan menemukan berbagai penjual baik pedagang kaki lima atau kios-kios. Berbagai hasil kerajinan tangan yang dibuat penduduk lokal pun bisa dilihat di sini. Bahkan, bentuknya yang unik bisa dijadikan pilihan oleh-oleh seperti berikut ini.

1. Layangan Tradisional Bali

Bali terkenal dengan festival layangan dengan bentuk yang unik dengan berbagai ukuran. Kamu yang ingin memiliki layangan tersebut, bisa membelinya di Pasar Sukawati. Pastikan dibawa dan dikirim dengan aman agar tidak rusak saat sampai di kota tujuan nantinya. Harganya disesuaikan dari ukuran dan detail yang terdapat pada layangan khas Bali.

2. Lukisan Khas Bali

Bali terkenal dengan seni lukis yang eksotis, dan kamu bisa mendapatkannya dengan harga murah di pasar seni ini. Lukisan pemandangan, bunga, orang, dan lain sebagainya bisa dijadikan oleh-oleh dan dipajang di rumah. Perhatikan dengan saksama saat ingin memilihnya agar mendapatkan lukisan yang indah dan tidak pasaran.

3. Pakaian dan Aksesoris Khas Bali

Kerajinan tangan khas bali juga sangat terkenal hingga seluruh dunia. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau di pasar seni Sukawati. Ada baju dengan gambar Barong, kaos bertuliskan Bali dan lain sebagainya. Ada juga kain khas pantai, tas rajut, gelang, dan masih banyak hal unik lainnya untuk dijadikan oleh-oleh.

Tawar Menawar Wajar di Pasar Seni Sukawati

Jika pertama kali mengunjungi pasar tradisional Bali yang satu ini, pasti kamu mengalami hal yang tidak biasa semua pedagang berusaha menarik ke dekat barang jualannya. Apabila tidak ingin mampir, maka jangan sungkan katakan maaf. Lalu, apabila menemukan barang yang diinginkan, maka tawarlah sewajarnya.

Pasar Sukawati dikatakan murah apabila pengunjung mampu menawar. Sebab, di sini pedagang tidak segan menjatuhkan harga yang tinggi. Jika tidak pandai dalam seni jual beli di sini, maka bisa dipastikan kamu akan dapat harga yang mahal. Apalagi mereka sangat tahu bahwa pembelinya bukan penduduk setempat.

Pasar ini buka pada pukul 06.30 pagi waktu setempat, dan ini waktu yang tepat untuk melakukan aksi menawar dengan wajar. Sebab, orang Bali sangat percaya bahwa dagangan yang laku terjual di pagi hari dapat menjadi pembuka rezeki selanjutnya, dan dagangannya bisa laris hingga tutup pada pukul 6 sore.

Tempat Wisata Terdekat Pasar Seni Sukawati

Selesai berbelanja, tidak ada salahnya mampir untuk berwisata, karena letaknya sangat strategis, di Jalan Raya Sukawati. Kamu bisa menyewa mobil atau motor untuk berkeliling ke berbagai tempat wisata. Bahkan, tersedia juga rental yang memberikan jasa supir yang siap mengantarkan ke berbagai tempat di sekitaran Sukawati.

1. Zoo Park, Sukawati, Gianyar

Jaraknya sekitar 15 menit untuk berwisata kebun binatang yang eksotis di Sukawati. Berkonsep menyatu dengan alam, kamu bisa berdekatan dengan hewan-hewan yang berada di Zoo Park ini. Cocok dijadikan tempat berwisata bersama keluarga. Harga tiketnya 110 ribu Rupiah untuk dewasa, dan 85 ribu Rupiah untuk anak-anak usia 2 – 12 tahun.

Jika beruntung, kamu bisa ikut memandikan anak gajah di Zoo Park ini. Tenang, ada pawang yang setia menemani dan mengawasi setiap aktivitas di kebun binatang yang berkonsep menyatu dengan alam. Namun, tetap perhatikan dan ikuti tata aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola setempat agar berwisata lebih aman dan nyaman.

2. Air Terjun Tegenungan, Sukawati

Setelah berkeliling Pasar Sukawati, segera menyegarkan diri di Air Terjun Tegenungan. Bebatuan dan pemandangan alam yang indah menjadi ciri khas dari tempat ini. Pastikan kamu menggunakan alas kaki yang nyaman. Apabila membawa anak jagalah dengan baik, karena area cenderung licin. Cukup 15 ribu Rupiah per orang untuk masuk ke wisata ini.

Main di sekitaran kolam utama air terjun, atau berfoto pun hasilnya sangat menawan. Arus airnya sangat deras, dan bisa dinikmati seperti berpadu dengan pepohonan yang ikut berisik, karena tertiup angin di sekitarnya. Berpiknik pun menjadi pilihan tepat di area sekitar. Pastikan tidak membuang sampah sembarangan saat di Air Terjun Tegenungan, Sukawati.

3. Hidden Canyon Beji Guwang, Sukawati

Tempat yang banyak diburu ini memiliki pesona luar biasa dari bebatuan alam di sekitarnya. Instagramable menjadi kata yang tepat atas keindahan panorama dari Hidden Canyon Beji Guwang yang terletak sangat dekat dengan pasar seni Sukawati. Jaraknya hanya sekitar 10 menit dan kamu bisa menikmati keindahan aliran sungai berwarna biru yang memantul.

Tebing-tebing batu menjulang tinggi hingga 25 meter seolah ingin menyentuh langit. Ambil beberapa foto, maka cahaya biru seolah ilusi, padahal asli dari pantulan yang diberikan warna biru dari sungai yang tenang di sekitarnya. Tetap perhatikan keamanan saat berfoto di bebatuan yang licin di Hidden Canyon Beji Guwang ini.

4. Bird Park, Sukawati

Pemburu foto instagramable juga dianjurkan untuk mengunjungi kawasan wisata Bird Park. Lokasinya berada di Batubulan, tepatnya di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu. 15 menit dari Pasar Sukawati. Kamu bisa berbaur dengan berbagai burung yang berbulu cantik. Nikmati berbagai keindahannya dan dengar suara dari masing-masing jenisnya.

Tiket masuknya 150 ribu Rupiah untuk orang dewasa, dan 75 ribu Rupiah untuk anak berusia 2 hingga 12 tahun. Perhatikan jam buka Bird Park, yaitu dari pukul 9 pagi sampai setengah 6 sore waktu setempat. Jadi, pastikan tidak terlalu lama dalam memilih oleh-oleh di Pasar Seni Sukawati. Nikmati sisa waktu berlibur dan berfoto cantik bersama burung-burung di sini.

5. Desa Celuk, Sukawati

Jika kamu penasaran dengan aksesoris yang tersedia di pasar seni Sukawati, maka coba kunjungi Desa Celuk. Berjarak kurang lebih 5 km dari pasar tradisional, bisa langsung melihat proses pembuatan dan hasil dari kerajinan perak. Desa yang berada di Jalan Raya Celuk ini memang menjadi pusat pernak-pernik perak.

Apabila inginkan oleh-oleh spesial untuk orang tersayang, maka bisa mencoba memilih perhiasan di desa ini. Harganya tentu tidak murah, tapi relatif terjangkau untuk sebuah hasil seni yang indah. Gelang, liontin, anting, cincin, dan lain sebagainya memiliki ukiran unik khas Bali, tentu ini sangat istimewa.

Pasar Sukawati menjadi tempat berbelanja dan berwisata yang menyenangkan. Hati-hati selama berada di pasar tradisional ini, karena ada banyak godaan untuk berbelanja barang unik. Pastikan juga, kamu sudah memiliki rencana ingin membeli apa di sana, agar tidak hanyut, larut dalam memilih, hingga uang habis untuk membeli banyak hal.

Anggi Putri
Anggi Putrihttps://www.anggiputri.com
Holla! I'm blogger l content writer l owner Pustaka Kata I Korean drama addict I beauty enthusiast l Skin type: Combination I
ARTIKEL TERKAIT

Trending Artikel