BerandaTravelMengenal Destinasi Wisata Pura Ulun Danu Beratan, Pura Hindu yang Terapung

Mengenal Destinasi Wisata Pura Ulun Danu Beratan, Pura Hindu yang Terapung

Seperti yang sudah diketahui, Bali menjadi surganya tempat wisata menarik. Selain cocok untuk liburan bersama keluarga dan teman, tempat ini juga cocok untuk liburan bersama pasangan. Tak heran jika banyak yang menjadikan Bali sebagai destinasi untuk berbulan madu. Salah satunya adalah Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul.

Objek wisata yang populer ini berada di tepi danau BeratanBedugul, Tabanan-Bali. Dalam bahasa Indonesia, Ulun mempunyai arti tepi dan Danu mempunyai arti danau. Tempat tersebut berada di tepi danau di daerah dataran tinggi sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Hal inilah yang membuat udara terasa sejuk di sekitarnya. 

Mengenal Sejarah Singkat Pura Ulun Danu Beratan

Berdasarkan informasi yang ada di bagian belakang tiket masuk, sejarah Pura Ulun Danu Bedugul dibangun pada tahun 1634 oleh I Gusti Agung Putu, Raja Kerajaan Mengwi. Tujuan pembangunan pura mempunyai fungsi untuk pemujaan Tuhan Yang Maha Esa. Dalam manifestasinya sebagai Tri Mutri, yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa. 

Pemujaan tersebut dilakukan untuk memohon kesuburan layan pertanian, kemakmuran masyarakat, kesejahteraan manusia, dan kelestarian alam. Salah satu hal yang membuat destinasi tersebut terlihat unik, yakni bentuk arsitektur pura dengan ciri khas arsitektur Bali. Tempat pemujaan di bangun dari kayu dan berbentuk pagoda dengan 11 tingkatan. 

Hal Menarik dari Pura Ulun Danu Beratan

Bisa dibilang destinasi wisata pura satu ini menjadi yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Bagi kamu yang menyukai keunikan arsitektur khas Bali, lingkungan alam yang alami, atau tata kebun dengan aneka ragam bunga, maka destinasi ini wajib dikunjungi. Saat pengunjung tiba di pintu gerbang masuk, pengunjung sudah bisa melihat candi bentar. 

Tak hanya itu saja, pengunjung bisa melihat seperti apa keunikan arsitektur pura. Latar suasana yang asri, lingkungan yang bersih, dan udara yang sejuk membuatnya menjadi daya tarik di mata para wisatawan. Saat air danau Beratan baik, maka Pura Ulun Danu Beratanterlihat seperti mengapung di permukaan air danau. Apalagi airnya sangat jernih dan tenang. 

Di siang hari, biasanya kabut tipis akan terlihat turun menutupi permukaan danau Beratan dan area perbukitan di sekitarnya. Dengan kata lain, daya tarik utamanya adalah dua pura yang lokasinya di tepi danau dan terlihat seperti mengapung. Uninya lagi, foto dari dua pura yang terlihat mengambang di tengah danau pernah ada di mata uang Rp 50.000, lho. 

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan

Selain patung Garuda Wisnu Kencana, Pura Ulun Danu Bedugul ibu adalah ikon pariwisata Bali. Lokasinya ada di sisi barat Danau Bedugul, lebih tepatnya berada di jalan Raya Bedugul, Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. 

Jika kamu memilih menginap di salah satu hotel yang dekat dengan tepi pantai Kuta, maka waktu tempuh yang dibutuhkan adalah 2 jam. Jika ingin lebih dekat dari objek wisata tersebut, maka kamu bisa memilih untuk menginap di kawasan tempat wisata Ubud Bali. 

Jarak antara tempat wisata Ubud dengan Bedugul kurang lebih 44 km atau setara dengan satu setengah jam. Akses menuju lokasi mirip antara perjalanan dari Jakarta menuju ke puncak Bogor. 

Jam Buka Pura Ulun Danu Beratan

Objek wisata Pura Ulun Danu di Bedugul buka dari pukul 08.00 – pukul 16.00. Jika ingin mendapatkan foto yang bagus, ada baiknya untuk datang lebih awal. Biasanya menjelang pukul 10.00 pagi, wisatawan sudah mulai banyak berdatangan. Kamu bisa menghabiskan waktu 1-2 jam di destinasi ini sebelum pergi ke destinasi lainnya. 

Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Bedugul

Hampir semua objek wisata yang ada di Bali akan mengenakan biaya tiket masuk. Nah, di Pura Ulun Danu Bedugul sendiri akan dikenakan tarif Rp 30.000 per orang untuk dewasa. Sementara untuk anak-anak tidak dipungut biaya masuk atau gratis. Selain tiket masuk, ada biaya parkir untuk bus Rp 10.000, mobil Rp 5.000, dan motor Rp 2.000 per kendaraan. 

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pura Ulun Danu Beratan

Selain Danau Beratan, pengunjung banyak mengunjungi Kebun Raya Bedugul Bali. Kedua destinasi tersebut masuk favorit sehingga banyak yang menjadikannya sebagai objek untuk liburan akhir pekan. Nah, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi destinasi tersebut. 

Berfoto dengan Spot Latar Belakang Pura Tepi Danau

Salah satu aktivitas yang pastinya akan dilakukan oleh para wisatawan adalah mengambil foto. Destinasi satu ini memang menakjubkan sehingga sayang rasanya jika tidak diabadikan. Sebagian besar wisatawan akan memasuki Candi Bentar dan berjalan-jalan di area Pura sembari mengambil foto. 

Lalu saat tiba di tepi danau, pengunjung bisa melihat pemandangan pura yang terlihat di atas permukaan air danau. Momen yang paling indah dan unik adalah saat siang hari di mana ada kabut tipis yang turun dan menyelimuti permukaan danau. Kamu juga bisa menggunakan fotografer yang ada di tepi danau dengan cetak foto ukuran 6R seharga Rp 15.000 per lembar. 

Watersport di Danau Beratan

Aktivitas kedua yang bisa kamu lakukan saat berada di lokasi wisata tersebut adalah watersport. Pernahkah kamu mendengarnya? Watersport adalah olahraga yang dilakukan di air, seperti snorkeling, memancing ikan, bananaboat, dan lain sebagainya. Para pengunjung bisa melakukan sewa perahu di sisi kanan lokasi pura. 

Di sana terdapat dermaga kecil tempat penyewaan perahu. Kamu bisa memilih perahu tradisional, speedboat atau jenis perahu angsa. Melalui perahu, para wisatawan bisa melihat pemandangan danau, arsitektur pura dari jarak dekat, sampai sudut foto yang berbeda. Karena kedalaman danau mencapai 23 meter, jadi berhati-hati saat menaiki perahu, ya. 

Jika kamu ingin berkeliling area Danau Beratan, bisa menyewa speedboat. Harga sewa speedboat terkadang mengalami perubahan. Namun, biasanya untuk tiga penumpang, harga sewanya kisaran Rp 100.000 per putaran. Sementara untuk kapasitas 7 orang, akan dikenakan Rp 185.000 per putaran. 

Aktivitas menaiki speedboat tidak cocok untuk kamu yang mudah mual. Selain itu, karena tidak ada jaket pelampung, kamu harus bisa berenang. Karena di tengah danau, pengemudi perahu akan melihat ke bagian depan perahu. 

Nantinya pengemudi motorboat akan mengambil foto saat duduk di speedboat dengan kamera. Para pengunjung bisa memilih foto yang bagus untuk dicetak. Setiap foto yang tercetak akan dibingkai dan dikenakan biaya Rp 40.000.

Aktivitas Memancing

Aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu coba adalah memancing. Para pengunjung bisa jalan ke sisi kiri pura. Di area ini, pengunjung bisa menemukan kebun bunga yang tertata rapi dan ada anak rusa yang berada dalam kandang. Jika ingin memancing, bisa melakukan sewa peralatan memancing di tempat yang tersedia. Jika kamu ingin melakukan perjalanan ke wisata Pura Ulun Danu Beratan, jangan lupa untuk membawa payung atau jasa hujan, ya. Karena curah hujan di kawasan tersebut sangat tinggi meski pada musim kemarau. Jadi, apakah kamu ingin mengunjunginya?

Anggi Putri
Anggi Putrihttps://www.anggiputri.com
Holla! I'm blogger l content writer l owner Pustaka Kata I Korean drama addict I beauty enthusiast l Skin type: Combination I
ARTIKEL TERKAIT

Trending Artikel